DASAR PEMIKIRAN PEMBELAJARAN ISBD, Oleh Kama Abdul Hakam

Keinginan untuk memberikan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya kepada Mahasiswa merupakan dorongan yang logis bagi Dosen tatkala memerankan dirinya sebagai pengajar, dia akan berusaha semaksimal mungkin agar setiap ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat tersampaikan kepada Mahasiswa dalam waktu sesingkat-singkatnya, tentu saja cara yang paling mudah adalah menggunakan seluruh waktu pertemuan kelas untuk menceramahkan materi serta me-minta mahasiswa untuk siap menerima berbagai informasi yang disampaikan agar ilmu pengetahuannya bertambah. Fungsi dan peran seperti ini sering menempatkan seorang Dosen pada otoritas yang berlebih-lebihan, seperti sebagai sumber informasi tunggal dan sebagai sen-tral aktivitas pembelajaran, sehingga Mahasiswa mirip sebagai objek pasif, bejana kosong yang harus diisi dengan sejumlah informasi. “Dominasi” Dosen dalam interaksi belajar mengajar di da-lam kelas seperti itu dapat menimbulkan “apatisme dan sikap pasif” Mahasiswa karena kreati-vitasnya terhambat yang pada akhirnya mengurangi kualitas hasil belajar.





4 comments:

  1. Yth. Bapak Achaludin Ibnu Rochim, Saya setuju naskah ini dipublish, tapi tolong cantumkan nama penulis naskah tersebut. Naskah tersebut milik Kama Abdul Hakam dosen UPI yang semula dijadikan bahan penataran dosen-dosen ISBD se Indonesia sejak tahun 2003 dan telah dibukukan dalam buku ISBD terbitan Kencana Prenada Media Group sejak tahun 2006.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pemberitahuannya. Mohon maaf sebelumnya. Kami telah adakan perubahan sebagaimana mestinya. Dari pengarang 'Anonim' menjadi pengarang 'Kama Abdul Hakam'. Semoga bermanfaat bagi khasanah keilmuan Indonesia dan pahala jariyah bagi pengarangnya. Terimakasih.

      Delete
  2. makasih.. bahan bagus dan lengkap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, tapi terimakasih lebih tepat kita tujukan pada pengarangnya. (admin)

      Delete

For yout correction, write your comment in here. Thank you.
(Tulislah komentar anda di sini untuk perbaikan. Terima kasih)